Kamis, 28 Oktober 2010

TIPS KEUANGAN


Kalau kita membicarkan tentang uang maka yang ada di benak pikiran terucaplah bahwa uang adalah hal yang prioritas utama bagi kita. Karena dengan uang bisa membeli apapun yang diinginkan. Setiap pribadi sendiri – sendiri harus memikirkan bagaimana cara keuangan ditata dengan baik dengan menyiapkan rencana keuangan sederhana yang nantinya kita bisa mencapainya tujuan keuangan yang sempurna. Baiklah di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin berguna buat anda yaitu :
  1. Perbaiki kebiasaan keuangan
Sekarang, kenapa kita tidak mencob untuk memperbaiki kebiasaan keuangan. Kebiasaan keuangan seseorang bisa di bagi menjadi tiga bagian dan apa yang harus kita lakukan terhadap masing – masing kategori:
  • BOROS, orang yang boros akan cndeung menghamburkan uang secara berlebihan seperti pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan/ penghsilan, tetapi kalau memang dasarnya boros pasti pengeluaranya akan sellu lebih besar dari pada penghasilan. Dengn cara membatasi pengeluaran agar bisa menyamai penghasilan. Sesuaikan gaya hidup anda dengan penghasilan.
  • PENGELOLA, Dimana anda selalu bisa menyamai pengeluaran dengan penghasilan. Berapa pun penghasilan. Berusaha supaya pengeluaran anda tidakmelebihi pengeluaran.
  • Penabung, menabungkah dari sebagian penghasilan anda. Dengan demikian perlahan – lahan anda bisa dipastikan akan bertambah makmur.Mulai dengan belajar investasi lain di luar tabungan dan deposito. Memang investasi lain sedikit lebih beresiko tetapi memiliki potensi keuntungan yang lebih besar daripada tabungan dn deposito. Resiko investasi bisa ditekan kalau anda memang mengauasai seluk beluknya

2 Buatlah garis start.
Ingin mengetahui posisi keuangan anda dengan cara membuat sebuah neraca keuanganan. Pertama kali yang dilakukan adalah mendaftarkan aset-aset yang anda miliki seperti tabungan, deposito, mobil, rumah, dan lain sebagainya. Kemudian dengan membuat daftar hutang-hutang anda, seperti hutang rumah kepada bank, kartu kredit dan lain-lain. Tuliskan juga berapa jumlah hutang tersebut masing – masing dalam rupiah. Terakhir hitung seberapa kaya anda, dengan cara mengurangi total harta dengan total hutang. Ada sebuah langkah fokuskan diri anda untuk memiliki aset atau harta yang nilainya menarik dalm jangka panjang.
  1. Buat strategi keuangan
Mungkin sekarang ini banyak mengeluarkan dan memerlukan uang untuk kebutuhan hidup yang mendesak. Maka dari itu anda membutuhkan sebuah hitung – hitungan berapa dana yang dibutuhkan untuk keperluan. Kita harus memiliki cara mempersipkan dana. Bila memang tidak memungkinkan bagi anda untuk mencapai kesemuanya sekaligus dalam satu maka kurangi beberapa.
  1. Jangan tuda lagI
Dalam masalah uang cobalah untuk tidak menunda lagi, Jika anda ingin menabung atau investasi lakukan segera. Menunda berarti akan menambah jumlah yang anda harus tabung. Bila anda menunda selama katakanlah tiga bulan dipahami bahwa persiapan anda menjadi lebih pendek. Begitu dengan asuransi jika rumah anda satu – satunya belum diasurasikan padahl sebenarnya anda mampu membayar premi. Jangan sampai hasil jeripayah anda selama ini hilang haya gara – gara mengasurikan. Ya menunda memang enak tapi akibanya tidak selalu enak.
Sumber: nova 2002 by safir senduk






3 komentar:

  1. urusan duit emang crucial apalagi buat yang belum kerja kayak aku... (tutus)
    btw... mungkin bakalan lebih seru lok kamu bikin artikel keuangan buat mahasiswa jadi lebih mengena...apalagi kita kan sama2 mahasiswa gitu...

    BalasHapus
  2. Salam...

    mari ke mari, jalan2 ke central blog nya teman2 sekelas,
     lebh mudh mengunjungi blog teman2 yg lain..

    ditunggu kunjungannya ::
    http://ikom7.blogspot.com

    tengkyu

    BalasHapus
  3. Fit... mana yang terbarupostinganmu??? dah ditunggu nichhhhh.

    BalasHapus